Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAU BERKAH DALAM SEGALA HAL? INI KUNCINYA !!



MELAFADZKAN"BISMILLAH"

Biasakan mengucapkan basmallah sebelum kita melakukan aktivitas apapun... misalnya Mau berangkat Bekerja.. Ketika belajar.. Ketika pergi kemanapun..Ketika makan.. Ketika memperbaiki laptop, Ketika menulis surat, Ketika menyusui anak. Ketika Mau Berhubungan badan', Ketika mau tidur.. dan lain-lain..dan juga biasakan membaca doa-doa keseharian yang ada tuntunannya dalam syariat.

Sebagaimana sabda Rasulullah:

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بـ ” بسم الله ” فهو أبتر ” ، أي: ناقص البركة.

Setiap perkara (kehidupan)  yang tidak dimulai dengan BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, maka dia akan terputus. Artinya adalah kurang barakahnya”.
(HR. Ibnu HIbban)



Mengenai Penjelasan hadits ini syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata,

جاء هذا الحديث من طريقين أو أكثر عند ابن حبان وغيره، وقد ضعفه بعض أهل العلم والأقرب أنه من باب الحسن لغيره، وبالله التوفيق.

“Hadits ini mempunyai dua jalur atau lebih periwayatan oleh Ibnu Hibban dan yang lainnya, sebagian ulama mendhaifkannya dan yang lebih tepat adalah derajatnya hasan lighairihi.”


Syaikh shalih Al-Fauzan hafidzahullah mengatakan,

والحكمة في البدء ببسم الله الرحمن الرحيم التبرك بها لأنها كلمة مباركة فإذا ذكرت في أول الكتاب أو في أول الرسالة تكون بركة عليه. أما الكتب أو الرسائل التي لا تبدأ ببسم الله الرحمن الرحيم فإنها تكون ناقصة لا خير فيها، ومن ناحية أخرى بسم الله الرحمن الرحيم فيها الاستعانة بالله جل وعلا

“Hikmah yang tersimpan dalam mengawali perbuatan dengan Bismillahirrahmaanirraahiim adalah demi mencari barakah dengan membacanya. Karena ucapan ini adalah kalimat yang berbarakah, sehingga apabila disebutkan di permulaan kitab atau di awal risalah maka hal itu akan membuahkan barakah baginya. Selain itu didalamnya juga terdapat permohonan pertolongan kepada Allah Ta’ala”

(Syarh Kitab Kasyfu Syubuhaat, Program Maktabah salafiyah)

Semoga kita senantiasa terbiasa Mengucapkan Bismillah dalam melakukan segala aktivitas

Sumber:
www.salamdakwah.com
Dipost Ustadz Abu Riyadl, Lc -hafizhahullah